Minggu, 20 Oktober 2013

[Intro] Mata Kuliah "Interaksi Manusia dan Komputer"

Di semester 3 ini saya mendapat mata kuliah bernama "Interaksi Manusia dan Komputer". Adapun blog ini nantinya akan membahas materi-materi yang terdapat di dalamnya. Di tulisan pembuka ini, saya akan memberikan sedikit intro mengenai mata kuliah ini.

Interaksi Manusia dan Komputer (IMK), atau dalam bahasa Inggris Human-Computer Interaction (HCI) menurut ACM SIGCHI adalah "the discipline related to the design, evaluation, and implementation of interactive computer systems for use by humans, and studies of the phenomena associated with it." 

yang setelah saya terjemahkan menggunakan google translate, kurang lebih artinya  
disiplin yang berhubungan dengan desain, evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia, dan studi tentang fenomena yang terkait dengan itu.
Simpelnya, menurut file presentasi yang sudah dibagikan,
fokus mata kuliah ini adalah : Desain dan evaluasi antarmuka pengguna.

Gampangnya lagi, kita sebut aja kalau tujuannya kita bisa membuat antarmuka pengguna yang baik. Sekarang pertanyaannya, apaan tuh antarmuka pengguna ?

Dikutip dari Wikipedia, antarmuka pengguna (bahasa Inggris: user interface) merupakan bentuk tampilan grafis yang berhubungan langsung dengan pengguna (user). Antarmuka pengguna berfungsi untuk menghubungkan antara pengguna dengan sistem operasi, sehingga komputer tersebut bisa digunakan.

Contoh antarmuka pengguna yang sering kita gunakan seperti aplikasi dekstop dan web jejaring sosial.

***
Oke. gue mendapatkan halaman ini dan halaman utama blog ini cukup sering berada di halaman dua dengan kata kunci Interaksi Manusia Komputer. Tapi sangat rentan untuk keluar lagi, tahu-tahu kadang udah gak nongol, tiba-tiba nongol lagi. Jadi kapan bisa ke halaman pertama?

Ggue rasa artikel [Intro] Mata Kuliah "Interaksi Manusia dan Komputer" ini masih kurang berisi, terlalu pendek.

Gue gak tahu banyak tentang oprtimasi, jadi gue hanya mencoba tips-tips hasil googling yang gue dapatkan. Salah satunya artikel berbobotlah, agak panjang gitu, gak tahu ngaruh juga gak ke penulusuran INTERAKSI MANUSIA KOMPUTER nantinya.

Semoga lah ya bisa segera ke halaman pertama :)
Salam IMK!

3 komentar:

  1. [...] Berikut ini adalah materi kuliah “The Interaction” untuk mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer (Human-Computer Interaction) di Program [...]

    BalasHapus
  2. [...] Bidang ilmu interaksi manusia dan komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang ... Manusia jarang sekali menyadari proses interaksi dengan komputer. [...]

    BalasHapus
  3. [...] Dengan masing-masing pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa Interaksi Manusia dan Komputer merupakan suatu jenis tindakan atau [...]

    BalasHapus