- Tahapan perancangan.
- Tingkat kebaruan proyek.
- Jumlah pemakai yang diperkirakan.
- Tingkat kritis antarmuka.
- Biaya produk dan keuangan yang dialokasikan untuk pengujian.
- Waktu yang tersedia.
- Pengalaman perancangan dan tim evaluasi.
Ulasan Pakar (Expert Review)
Ulasan pakar yang cukup formal telah terbukti efektif.
Ulasan pakar dapat dilakukan di awal atau di akhir fase perancangan, dan keluarannya berupa laporan formal dengan masalah yang ditemui atau rekomendasi perubahan.
Metode ulasan pakar:
:) Evaluasi heuristik
:) Ulasan kesesuaian dengan pedoman (guidelines review)
:) Pemeriksaan konsistensi
:) Penelusuran kognitif
:) Pemeriksaan usability formal
Sekelompok pakar menguji antarmuka terhadap prinsip-prinsip usability (heuristics)
Melibatkan 3-5 pakar:) setiap pakar menemukan permasalahan-permasalahan perancangan dan usability yang berbeda
Seorang pakar membandingkan rancangan dengan dokumen pedoman
Memeriksa format, navigation, context, workflow, dsb
Uji dan Laboratorium Usability
Uji usability memberikan konfirmasi kemajuan yang mendukung dan rekomendasi perubahan yang spesifik.
Uji usability tidak hanya mempercepat proses, tetapi juga menghasilkan penghematan biaya yang dramatik.
Sifat Laboratorium Usability Sederhana
Dua ruangan 3x3 meter, dibatasi kaca satu arah.
Satu untuk ruang kerja peserta.
Satu untuk pengamat (perancang, manajer, pelanggan).
Memilih Peserta untuk Uji Usability
Peserta dipilih mewakili komunitas pemakai dengan memperhatikan:
:) Pemahaman komputer
:) Pengalaman mengerjakan tugas
:) Motivasi dan pendidikan
:) Kemampuan bahasa alami yang digunakan dalam antarmuka.
Peserta uji usability harus diberitahu bahwa bukan mereka yang diuji, tetapi software dan antarmuka pemakai.
Keikutsertaan dalam uji usability adalah sukarela, dengan perjanjian terlebih dahulu.
Usability Test - Metodologi
Libatkan 4-5 pengguna dan evaluasi interksi mereka dalam menyelesaikan kasus-kasus nyata.
Lakukan pemeriksaan sedini mungkin dalam tahapan perancangan :) paper prototypes, wireframes, HTML mockups, dsb.
Lakukan pencatatan selama pengujian
Buat rekaman video
Ukur kepuasan pengguna dengan online feedback quesionare
Diskusikan permasalahan-permasalahan dan rekomendasi-rekomendasi terkait usability dengan tim pengembang.
Beberapa Teknik Laboratorium Usability
:) Meminta pemakai mengucapkan apa yang mereka pikirkan dan akan kerjakan (think aloud).
:) Menggunakan dua peserta bekerja bersama untuk mendukung bicara.
:) Memvideokan kegiatan peserta untuk dilihat lagi kemudian.
Survey
Kunci survey yang berhasil:
:) Tujuan yang jelas di awal.
:) Pengembangan hal-hal terfokus yang membantu mencapainya.
Tujuan survey dapat dikaitkan dengan model OAI. Pemakai dapat ditanyakan kesan subjektif mereka tentang aspek antarmuka.
Tujuan survey yang lain adalah untuk menemukan:
:) Latar belakang.
:) Pengalaman dengan komputer
:) Tanggung jawab pekerjaan
:) Gaya kepribadian
:) Alasan tak menggunakan antarmuka
:) Keakraban dengan fitur
:) Perasaan setelah menggunakan antarmuka
sumber: http://benyaminimk.blogspot.com/2013/11/4-evaluasi-rancangan-antarmuka-yang.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar