Sabtu, 09 November 2013

Manipulasi Langsung dan Lingkungan Maya

Keanapa "Manipulasi Langsung dan Lingkungan Maya" judulnya?

Di web kampus dan masuk ke matkul "INTERAKSI MANUSIA KOMPUTER", gue melihat judul nya dalam bahasa Inggris adalah "Direct Manipulation and Virtual Environments"? Dan diterjemahin menggunakan google translate jadi "Manipulasi Langsung dan Lingkungan Virtual". Tapi berhubung gue googling lagi dengan hasil terjemahannya, malah banyak rekomendasi dari google menampilkan blog-blog IMK berjudul "Manipulasi Langsung dan Lingkungan Maya". Jadilah blog IMK ini ikut-ikutan juga.


Examples of Direct-Manipulation Systems
:) Perintah Line vs display editor dan pengolah kata
:) Pelatihan dengan editor layar jauh kurang dari editor baris
:) Editor baris umumnya lebih fleksibel dan kuat
:) Kemajuan WYSIWYG (Apa yang Anda lihat adalah apa yang Anda dapatkan) pengolah kata
:) Teknologi yang berasal dari pengolah kata:
:) Video game
:) Computer-aided design
:) otomatisasi kantor

Continuing evolution of Direct-Manipulation Systems
Interface langsung Manipulasi yang digunakan dalam berbagai aplikasi, misalnya dashboard manajemen untuk toko ritel.

Problems with direct manipulation
:) Representasi spasial atau visual yang dapat terlalu menyebar
:) Diagram alur tingkat tinggi dan database skema dapat menjadi membingungkan
:) Desain dapat memaksa informasi berharga dari layar
:) Pengguna harus mempelajari representasi grafis
:) Representasi visual dapat menyesatkan

Principles of Direct Manipulation
:) Representasi terus menerus dari objek dan tindakan kepentingan dengan metafora visual yang bermakna.
:) Tindakan fisik atau menekan tombol berlabel, bukan sintaks yang kompleks.
:) Cepat, incremental, tindakan reversibel yang efeknya pada obyek yang menarik terlihat segera.

Interface-Building Tools
Berpikir Visual dan Ikon
:) Sifat visual komputer dapat menantang generasi pertama dari hacker
:) Ikon adalah gambar, gambar, atau simbol yang mewakili konsep
:) Pedoman Icon-spesifik

3D Interfaces
:) "Murni" antarmuka 3D memiliki utilitas yang kuat dalam beberapa konteks, misalnya, medis, desain produk. Dalam situasi lain, interaksi lebih dibatasi sebenarnya mungkin lebih baik untuk menyederhanakan interaksi.
:) Interface "Peningkatan", lebih baik daripada kenyataan, dapat membantu mengurangi keterbatasan dari dunia nyata, misalnya, memberikan pemandangan simultan.

Fitur untuk 3D yang efektif
:) Gunakan oklusi, bayangan, perspektif, dan teknik 3D lainnya dengan hati-hati.
:) Minimalkan jumlah langkah navigasi bagi pengguna untuk menyelesaikan tugas-tugas mereka.
:) Jauhkan teks yang dapat dibaca.
:) Hindari kekacauan yang tidak perlu visual, gangguan, perubahan kontras, dan refleksi.
:) Menyederhanakan gerakan pengguna.

Pedoman untuk memasukkan fitur 3D :
:) Menyediakan ikhtisar sehingga pengguna dapat melihat gambaran besar
:) Izinkan teleoperation
:) Menawarkan visi X-ray sehingga pengguna dapat melihat ke dalam atau di luar objek.
:) Menyediakan sejarah menjaga

Teleoperation
:) Dua "orang tua": manipulasi langsung di komputer pribadi dan pengendalian proses dalam lingkungan yang kompleks
:) Operasi fisik jauh
:) Faktor rumit dalam arsitektur lingkungan terpencil

Virtual dan Augmented Reality
:) Virtual reality istirahat keterbatasan fisik ruang dan memungkinkan pengguna untuk bertindak seolah-olah mereka berada di tempat lain
:) Augmented reality show dunia nyata dengan overlay overlay tambahan

sumber: http://tentangimk-sesil.blogspot.com/2013/11/materi-5-direct-manipulation-and.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar